Akresitasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Indramayu(Berita Peristiwa)

 


Mtsn7indramayu.sch.id - Indramayu, Akreditasi MTsN 7 Indramayu oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M)  dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu, 3 dan 4 September 2020 bertepatan dengan minggu pertama saat pemberlakuan TPM berlangsung. Penilaian oleh tim akan berlangsung  selama dua hari.

Kedatangan kedua tim asesor disambut langsung oleh Kepala Madrasah Bapak  Drs. Wahyudin, M.Ag., pengawas Madrasah Drs. H. Uwaisul Qarani, M.A., Ketua Komite Bapak Wawan Kurniawan, S.Pd., para PKM dan guru dengan suasana penuh kehangatan dan keakraban.

Tim asesor yang terdiri dari satu orang ketua dan anggota, yaitu  Bapak Drs. H. Rondang Okinda praktisi pendidikan dari Bandung, dan Ibu DR. Hanny Latifah, M.M.Pd. Praktisi Pendidikan dari Garut. Bekerja dengan baik dan serius sehingga waktu yang dijadwalkan dua hari dapat tercapai dengan praktis dan efisien. Seperti yang diampaikan Ketua Tim asesor Bapak Drs.  H. Rondang Okinda, “Tahap dalam akreditasi ini meliputi klarifiksi, verifikasi, dan validitas data serta informsi yang telah disampikan oleh madrasah  melalui pengisian instrumen kreditasi yang dilaksanakan pada hari pertama, Selanjutnya di hari kedua pengamatan dan observasi sekaligus croscek validitas dari data yang tersedia yang akan dilaksanakan oleh asesor.” 

Sebelum acara dibuka kedua asesor  disambut dengan minuman hangat dan segar ekstrak jahe merah penangkal covid-19 karya inovatif  siswa asuhan H. Hadi Iswanto, M.pd dan sambil menyaksikan tayangan infokus dari wabsite Netuyu.

Pernyataan Bapak Kepala Madrasah, bahwa MTsN 7 menghendaki penilaian secara total dan detil dengan harapan sebagai tolak ukur kinerja madrasah  dan bahan evaluasi perbaikan-perbaiakan dari kekurangan yang ada. Mengingat akreditasi adalah penjamin mutu pendidikan melalui visitasi yang akan menggali seluruh program yang dilakanakan madrasah melalui penetapan visi dan misi. Apakah visi misi mencerminkan kegitan peningkatan mutu dan kualitas madrasah. Apakah program yang ditetapkan sudah mencerminkan semangat visi misi. Semuanya digali melalui studi dokumentasi, wawancara, dan observasi dengan harapan akan tergali objektifitas program. Hasil dari visitasi akan menghasilkan rekomedasi berupa catatan-catatan  perbaikan,  oleh karenanya kegiatan visitasi akreditasi sangat bermakna  dan pelaksanaanya harus kita apresisi dengan positif.

Menjawab pernyataan kepala madrasah di atas, Kedua asesor memberikan apresiasi dan penghargaan kepada hadirin yang memenuhi ruangan sebagai bentuk penghargaan kinerja kepada seluruh pengelola MTsN 7 Indramayu baik pendidik maupun tenaga kependidikan yang telah berupaya mewujudkan kinerja menuju visi misi yang dibuktikan dengan prestasi yang selama ini telah dicapainya. Baik prestasi akademik maupun nonakadmik. Apresiasi terhadap prestasi akademik MTsN 7, oleh karena beberapa tahun kebelakang banyak meraih prestasi tingkat sekolah/madrasah, kabupaten, wilyah 3 Cirebon, provinsi, hingga tingkat nasional. Prestasi akdemik dan nonakademik yang membanggaan. tidak hanya diraih oleh para guru namun juga oleh para siswa dalam ajang kompetisi KSN-S/KSM-M, KSN-K/KSM-K, KSN-P/KSM-P, KSN/KSM Matematika, IPA, dan IPS secara online pada tahun 2020 dan 2021 dengan menyabet medali emas dan perak. sedangkan prestasi nonakademik adalah kinerja ketatausahaan dalam tata kelola administrasi dan keuangan se-Wilayah 3 Cirebon meraih predikat terbaik kedua. Apresiasi yang sama disampaikan  atas kerja sama kooperatif antara tim asesor dengan Tim Akreditasi madrsah tahun 2021 yang diketuai oleh Dudi Iswadi Rachman, M.Pd., sekretaris Hayat Ruhiyat, M.Pd.I., Bendahara Aman Wahyudin, S.Sy., operator madrasah (Sispena) Wawan Kurniawan, S.Pd., Anggota: M. Rudi Ansori, SPd.I., Dewo Aji P., S.Pd., Nuriyah Hasanah, Kusndi, Dina Krismonika, S.Sos., Warhadi. Penanggung jawab komponen: Mutu Lulusan, Warsita, S.Pd. dan Hj. Hanifah, M.Pd. Proses Pembelajran: Dudi Iswadi Rachman, M.Pd. dan H. Sajidin, S.Ag., M.M., Mutu Guru: Drs. H. Mahrus, M.A., dan Dra. Yuyun Yuliani. Dan manajemen Madrasah: Adi Mesya, M.P.mat. dan    H. Warjani, M.Pd.

Sambutan kepala madrasah di atas sejalan dengan tujuan dari pentingnya akreditasi program pemerintah. Yakni, Akreditasi merupakan bentuk upaya pemerintah menjaga akuntabilitas pengelola lembaga penidikan kepada masyarakat.  sekolah atau madrasah. Akan bermutu apabila melakukan akreditasi. Tujuan Pemerintah melakukan akredirtasi adalah untuk menilai kelayakan program yang dikelola oleh satker pendidikan  dalam rangka meningktkan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terencana dan terukur.

Sekolah/ madraah dinyatakan “terakreditasi”, jika  memenuhi seluruh kriteria, yaitu pertama memperoleh nilai ahir akreditasi  sekurang-kurangnya 71; kedua memperoleh Niai Komponen Standar Sarana dan Prasarana tidak kurang dari 61; dan ketiga tidak ada nilai komponen stndr di bawah 50. Peraturtan ini mengacu pada peraturan akreditasi tahun 2017.

Sekolah/madrasah memperoleh peringkat A (unggul) jika mendapatkan Nilai Akhir Sakreditasi (NA) 91 sampai dengan 100, kedua B (Baik), jika NA sebesar          81 samapai dengan 90.  Dan ketiga  C (Cukup Baik), jika NA sebesar 71 samapi dengan 80. Sedangkan sekolah/mdrasah yang tiak terakreitasi adalah yang mendapat nilai ahir 61 sampai dengan 70 dengan peringkat D (Kurang). Kedua 0 sampai dengan 60 dengan peringkat E (Sangat Kurang).

Akreditasi seharusnya menjadi bagian dari proses untuk meningkatkan mutu pendidikan. Bukan sebatas label A,B,C saja. Akreditsi seharusnya menjadi    kebiasaan baik yang dilakukan oleh madrasah.  Walaupun faktanya, masih ditemukan “efek samping” yang seharusnya tidak terjadi. Seperti penyiapan sarpras terkesan diada-adakan, penyediaan dokumen yang ditagih  dalam instrumen akreditasi  terkesan dadakan. Dan sebagainya.  

Dari adanya akreditasi ini diharapkan  memperoleh gambaran umum dan detail tentang kinerja madrasah, baik aspek kelebihan maupun kekurangannya sehingga dapat dijadikan sebagi alat pembinaan, pengembangan  dan peningkatan madrasah baik dari segi mutu, efektifitas, efeiensi, produktifitas dan inovasinya. Akreditasi juga  dihrapkan memberi jaminan kepada publik bahwa madrasah tersebut telah terakreditasi  dan menyediakan layanan pendidikan  yang memenuhi standar nasional .

Ditulis oleh: Drs. H. Samsul Hadi, M.Si. CBPA.,CPRW. Guru MTsN 7 Indrmayu, email: samsulhdi0406@gmail.com. Litreasi: karyaliterasismsulhadi.blogspot.com. IG: samsul hadi. Alamat: Pekandamngan Indramayu jabar. Artikel dapat dilihat pada website: mtsn7indramayu.sch.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Pendidikan di Indonesia (Resume Daring Hardiknas 2020 orsat Kairo)

Tugas Bab 1. Laporan Hasil Percobaan